Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan sebagai pulau terbesar diantara kepulauan Gili lainnya menyedot lebih banyak pengunjung. Keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, spot yang tepat untuk menikmati sunset/sunrise, night party, serta berbagai macam aktifitas menyenangkan seperti diving, snorkeling serta wisata kulinernya menjadi salah satu alasan para wisatawan memilih pulau ini.

Dengan lebar 2 Km dan panjang sekitar 3 Km sobat dapat menjelajah seluruh pulau dengan bersepeda hanya dalam waktu 1,5 jam. Pasir putih, laut biru yang jernih dan pantai yang bersih siap menyambut sobat disertai dengan keindahan alamnya yang mempesona yang tak jarang membuat para wisatawan memperpanjang jadwal liburan mereka di Gili Trawangan.

Akomodasi di Gili Trawangan

Gili Trawangan menjadi pulau yang paling cepat mengalami perkembangan jika dibandingkan dengan Gili Air dan Gili Meno, berbagai macam tipe akomodasi tersedia di sini mulai dari homestay sampai resort mewah. Untuk tipe homestay dengan kamar standar harganya mulai Rp300.000,00,  sementara untuk resort mulai dari Rp1.000.000,00 per malam.

Terdapat 4 mesin ATM yang lokasinya saling berdekatan satu sama lain yaitu mesin ATM dari Bank BNI, Mandiri, BRI dan CIMB Niaga yang terletak di area Gili Trawangan “Sentral”. Walaupun kendaraan bermotor dilarang untuk digunakan di pulau ini sebagai alternatif sobat bisa menggunakan sepeda, cidomo (andong/delman) atau berjalan kaki untuk menuju lokasi yang sobat tuju

Aktifitas

Diving menjadi urutan pertama dalam daftar aktifitas berlibur di kepulauan Gili Lombok, selain dari memancing, snorkeling, bersepeda, berkuda dan lain-lain. Alam bawah laut yang begitu menakjubkan bisa sobat nikmati di Gili Trawangan. Air laut dengan degradasi warna biru yang jernih dan bening memungkinkan sobat untuk bisa melihat ikan dan terumbu karang dari atas kapal tanpa harus menyelam.

Arus laut yang tenang membuat aktifitas penyelaman lebih bisa dinikmati oleh para wisatawan dengan hiasan koral warna warni dan sambutan dari berbagai biota laut, termasuk ikan “nemo” yang berenang dengan gemulai nan anggun menjadikan liburan sobat di Gili Trawangan menjadi lebih spesial.

Pada saat malam tiba kesenangan sobat belum berakhir karena berbagai macam bar dan restoran mulai buka menawarkan berbagai macam santapan seperti ikan gruoper atau tuna yang dibakar dengan arang sehingga memberikan panas yang pas dan menghasilkan rasa yang khas. Jika kebutuhan perut sobat sudah terpenuhi sobat bisa melanjutkan dengan kehidupan malam di Gili trawangan yang sedari dulu senantiasa menggoda bahkan bagi para pelancong dari belahan Eropa sana.

Transportasi

Kebanyakan wisatawan yang akan ke Gili Trawangan menyempatkan diri untuk menginap di Bali atau di Lombok sebelum atau sesudahnya. Alternatif menginap di Bali ialah kawasan Kuta, Sanur dan Nusa Dua serta area sekitar karena jarak menuju pelabuhan Padang Bai dan pelabuhan fast boat lain menuju Gili Trawangan tidak terlalu jauh. Kebanyakan operator fast boat juga menyediakan penjemputan gratis dari wilayah ini ke pelabuhan kapal mereka.

Untuk sobat yang akan menginap di Lombok sebelum menuju Gili Trawangan, kawasan Senggigi adalah kawasan yang cukup tepat, karena jarak ke pelabuhan Teluk Kodek maupun Bangsal yang biasa digunakan untuk penyeberangan ke Gili tidak terlalu jauh. Teluk Kodek sering digunakan sebagai pelabuhan fast boat, sedangkan Bangsal merupakan pelabuhan reguler yang sering digunakan oleh masyarakat setempat.

Sedangkan untuk sobat yang ingin langsung menuju Gili Trawangan baik melalui bandara Bali maupun Lombok memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan jadwal kedatangan pesawat sobat bisa disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal fast boat menuju Gili Trawangan baik dari Bali maupun dari Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *