Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih merupakan tempat wisata alam yang berada di wilayah Bandung Selatan tepatnya kawasan Ciwidey. Kawah putih adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, sesuai dengan namanya, tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih. Selain tanahnya, warna air kawah juga berwarna putih kehijauan, yang unik dari Kawah Putih adalah airnya yang dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung.

Kawah Putih berada di ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan ini sangat dingin dengan suhu mencapai 8 derajat celcius pada saat musim – musim tertentu. Jadi jika sobat berkunjung ke sini pastikan membawa jaket agar sobat tidak kedinginan.. 

 Kawah Putih merupakan salah satu kawah dengan kadar keasaman belerang tertinggi di dunia, oleh karenanya pemerintah kolonial Belanda dulu pernah membangun pabrik belerang di tempat ini. Kawah Putih memiliki panorama alam yang indah sehingga kawah ini sering digunakan untuk pengambilan foto prewedding dan gambar untuk film atau video klip

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Letusan Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat orang – orang disekitar Gunung Patuha menganggap Kawah Putih merupakan kawasan yang angker, sebab setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Karena keyakinan tersebut maka tidak ada orang yang berani memasuki kawasan kawah, sampai pada tahun 1837 ada seorang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang merupakan seorang ahli botani berkebangsaan jerman. Beliau memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha untuk melakukan penelitian.

Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melakukan pendakian dan berhasil mencapai puncak Gunung Patuha, dan dari puncak tersebut beliau melihat ada sebuah danau berwarna putih disertai bau belerang yang sangat menyengat. Dari situlah pertama kalinya Kawah Putih ditemukan dan menjadi tempat wisata alam yang terkenal hingga saat ini.

Fasilitas di Kawah Putih

Pada tahun 1987 PT. Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten mengembangkan kawasan Kawah Putih menjadi sebuah objek wisata. Oleh karena itu objek wisata ini memiliki fasilitas penunjang yang nyaman dan memadai, yaitu: Area parkir yang luas, Mushola, Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah, Pusat informasi, warung makanan, dan Toilet.

Menuju Kawah Putih Ciwidey

Jarak Kawah Putih dari kota Bandung sekitar 47 km, sedangkan dari ibukota Kabupaten Bandung (Soreang) sekitar 30 Km. Untuk menuju tempat wisata alam ini sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Untuk kendaraan pribadi maka sobat bisa keluar dari pintu tol Kopo lalu belok Kanan dan terus menuju Soreang, dari Soreang ambil arah menuju Ciwidey. Sebenarnya bisa juga keluar dari pintu tol Moh. Toha, Buah Batu, atau Cimahi, hanya saja lebih mudah jika sobat keluar Tol Kopo karena jalannnya lebih mudah terutama bagi sobat yang tidak hapal Bandung.

Sedangkan untuk sobat yang menggunakan bus umum maka dari terminal Leuwipanjang sobat bisa naik bis atau angkutan L300 jurusan Ciwidey, dari terminal Ciwidey disambung dengan naik angkutan pedesaan warna kuning jurusan Patengan. Alternatif lain dari terminal Leuwipanjang adalah naik angkutan kota jurusan soreang, dari soreang naik L300 jurusan Ciwidey lalu naik angkutan pedesaan jurusan Patengan dan minta turun di Gerbang Kawah Putih.

Jika sobat menggunakan kereta api maka dari stasiun kereta api Bandung sobat keluar dari pintu utara stasiun. Lalu naik angkutan kota warna biru-hijau jurusan Sadang Serang-Caringin dan mintalah untuk diturunkan di Jalan Kopo, dari jalan Kopo sobat bisa naik bis jurusan Leuwipanjang – Ciwidey atau L300 Leuwipanjang – Ciwidey. Dari Ciwidey naik angkot kuning jurusan Ciwidey – Patengan dan turun di Gerbang Kawah Putih.

Terakhir, bagi sobat yang pergi menggunakan kendaraan umum atau pergi secara rombongan menggunakan bis maka sobat hanya bisa sampai Gerbang Kawah Putih. Untuk mencapai kawah sobat harus naik angkutan yang disediakan oleh pengelola, jarak dari Gerbang menuju kawah sekitar 5 km dengan jalan yang menanjak dan berbelok-belok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *